Posisi iklan adalah urutan iklan Anda dalam hasil lelang dibandingkan dengan iklan lain. Misalnya, posisi iklan “1" berarti iklan pertama yang ditampilkan, tanpa iklan lain di depannya. Posisi iklan “2" adalah iklan kedua yang ditampilkan, dan seterusnya.


Posisi iklan tidak harus menjadi lokasi iklan Anda di halaman hasil pencarian. Misalnya, posisi iklan “1" tidak berarti bahwa iklan Anda berada di atas hasil pencarian organik. Ini bisa menjadi posisi iklan Anda jika tidak ada iklan di atas hasil pencarian dan iklan Anda adalah iklan pertama yang ditampilkan di bawah hasil pencarian organik. Anda dapat melihat di mana iklan Anda ditampilkan pada halaman hasil pencarian, dengan memeriksa metrik teratas dan absolut Anda.

Bagaimana Posisi Iklan Ditentukan?

Iklan Google menghitung Peringkat Iklan melalui proses pelelangan. Peringkat Iklan menentukan posisi iklan Anda dan apakah iklan Anda layak tampil atau tidak sama sekali. Ada beberapa faktor yang menentukan posisi iklan Anda, yaitu:

  • Tawaran : Saat Anda menetapkan tawaran, Anda memberi tahu Google Ads jumlah maksimum yang akan Anda bayarkan untuk satu klik pada iklan Anda. Sebelumnya lakukan riset untuk melakukan tawaran kata kunci dan Anda dapat mengubah tawaran tersebut sesuai dengan budget atau ingin melampaui pesaing agar iklan muncul diposisi teratas.

  • Kualitas iklan dan halaman arahan Anda: Penilaian terhadap kualitas iklan Anda dirangkum dalam Skor Kualitas, yang dapat Anda pantau.
  • Ambang Peringkat Iklan: untuk membantu memastikan iklan berkualitas tinggi, maka ditetapkan ambang minimum yang harus dicapai iklan untuk tampil.
  • Daya saing lelang: Ketika kesenjangan dalam peringkat iklan antara iklan dua pengiklan tumbuh, iklan dengan peringkat lebih tinggi akan lebih mungkin untuk menang, tetapi juga dapat membayar biaya per klik yang lebih tinggi untuk kepastian kemenangan.
  • Konteks pencarian orang: Saat menghitung Peringkat Iklan, system google melihat istilah pencarian yang telah dimasukkan orang tersebut, lokasi orang tersebut pada saat pencarian, jenis perangkat yang mereka gunakan (mis. Ponsel atau desktop), waktu pencarian, sifat istilah pencarian, iklan lain dan hasil pencarian yang ditampilkan di halaman, dan sinyal dan atribut pengguna lainnya.
  • Dampak yang diharapkan dari ekstensi iklan Anda dan format iklan: Anda memiliki opsi untuk menambahkan informasi tambahan ke iklan Anda, seperti nomor telepon, atau lebih banyak tautan ke halaman tertentu di situs Anda. Ini disebut ekstensi iklan.

Iklan Yang Baik Berarti Memiliki Peringkat Iklan Yang Baik

Perhitungan peringkat iklan mencakup tawaran Anda dan pengukuran waktu lelang dari RKT yang diharapkan, relevansi iklan, dan pengalaman halaman arahan, di antara faktor-faktor lainnya. Dengan meningkatkan faktor-faktor tersebut, Anda dapat membantu meningkatkan komponen kualitas Peringkat Iklan dengan:

  • Rasio klik-tayang iklan yang Anda harapkan
  • Relevansi iklan Anda dengan pencarian
  • Kualitas landing page Anda

Mengapa Kualitas Iklan Penting

Pentingnya kualitas iklan dapat mempengaruhi beberapa faktor, yaitu:

  • Kelayakan lelang iklan: semua akan melalui proses lelang untuk menentukan ambang peringkat iklan, dan apakah iklan Anda memenuhi syarat untuk muncul atau tidak sama sekali.
  • BPK (biaya per klik) aktual: Anda akan membayar lebih sedikit per klik ketika iklan Anda berkualitas lebih tinggi.
  • Posisi iklan: Iklan berkualitas tinggi sering muncul di halaman teratas.
  • Kelayakan untuk ekstensi iklan dan format iklan lainnya.

Secara keseluruhan, iklan berkualitas lebih tinggi biasanya mengarah pada biaya yang lebih rendah, posisi iklan yang lebih baik, dan lebih banyak keberhasilan periklanan.