Selasa, 02 Februari 2016

Tips optimasi seo on page

Untuk bahasan kali ini kita bahas mengenai Tips Optimasi SEO On Page. Seperti pada pembahasan sebelumnya di Persiapan Membuat Website, SEO merupakan salah satu poin penting dalam sebuah web development. Sebelum kita membahas lebih lanjut saya akan menjelaskan sedikit tentang SEO itu sendiri, Search Engine Optimation atau Optimasi Mesin Pencari menurut Wikipedia adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.


Lalu apakah manfaat SEO hanya untuk menempatkan posisi website anda berada di posisi teratas saja?? Tentu tidak, banyak diantaranya adalah sebagai analasia pasar, melihat ancaman dan peluang, mengindex lebih banyak halaman, dan bisa mendatangkan trafik ke web anda pastinya. Secara garis besar SEO terbagi menjadi dua jenis yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Perbedaanya adalah dimana untuk SEO On Page lebih banyak diterapkan pada situs tersebut sedangkan untuk SEO Off Page adalah optimasi yang tidak berhubungan langsung dengan situs yang sedang dioptimasi. Untuk lebih jelasnya tentang SEO Off Page kita akan membahas di postingan yang akan datang. Optimasi SEO Of Page menurut saya cukup penting karena ini adalah pondasi anda untuk SEO tingkat lanjut. Baiklah, kita langsung saja membahasnya satu persatu.

Tips Optimasi SEO ON Page

1. Gunakanlah tag  untuk keyword anda, untuk deskripsi web anda dan jangan lupa harus ada beberapa keyword disitu, isikanlah keyword anda didalam content (Note : Ini optional, karena web seperti moz.com pun tidak lagi menggunakanya).

2. Gunakanlah URL yang SEO friendly hindari menggunakan parameter id dan sisipkan keyword anda juga di dalam link url, contoh : http://www.domain.com/keyword-halaman-anda atau http://www.domain.com/blog/keyword-ini-halaman-blog.

3. Optimasikan Title Tag tidak lebih dari 70 karakter dan Meta Description tidak lebih dari 160 karakter.

4. Pilihlah domain memakai www atau tidak memakai www, karena mesin pencari akan menganggap itu domain yang berbeda, anda dapat menggunakan redirect 301 untuk mensiasatinya.

5. Buatlah halaman yang baik, yang enak dilihat oleh manusia dan spider mesin pencari. Jangan gunakan iframe, flash, karena spider tidak bisa membaca file tersebut. Dan ingat konten itu adalah raja, salah satu kutipan dari Matt Cutts, oleh karena itu perhatikanlah konten web anda.

6. Kompreslah halaman web anda menggunakan .gzip / caching dan minimalkan file - file seperti css, javascript, dan gambar karena ini dapat meningkatkan kecepatan website anda.

7. Buatlah link social media di web anda ini akan mempermudah promosi web anda sekaligus startegi yang baik untuk link building.

Berikut ini adalah struktur yang baik untuk SEO on page :
Struktur SEO On Page
Sumber Gambar : moz.com

Saya rasa cukup sampai disini dulu perjumpaan kita, kita baru membahas dasar dai SEO On Page dan akan dikupas kelanjutannya di posting yang akan datang.
Jika teman - teman ada pertanyaan atau saran silahkan kirim komentar kepada kami.
Share:

Google+ Badge

Lokasi Office

Melayani Jasa Blog
Online 24 Jam

Alamat :
Jl. Jahe Raya P.Simalingkar Medan
📲 HP / WA : (0822) 99096695
📧 E-mail    : morriscorneliusginting@gmail.com
⧪ Telegram : @jasablogger

Follow by Email